Memiliki rambut yang lebat, hitam dan sehat tentu saja menjadi sebuah impian dari semua orang sehingga banyak orang yang melakukan perawatan rambut untuk bisa mendapatkan rambut yang indah, sehat dan berkilau.

Namun pada dasarnya Anda bisa melakukan perawatan rambut tersebut dengan menggunakan bahan alami, adapun salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat, bahkan menumbuhkan dan juga menyuburkan rambut secara efektif adalah minyak kemiri.

Pada dasarnya kemiri sendiri merupakan suatu bahan yang mana banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan, selain digunakan untuk memasak, kemiri ini sendiri biasanya digunakan untuk merawat rambut, karena kemiri ini dapat menumbuhkan dan menyuburkan rambut secara efektif.

Oleh karena itulah tak jarang jika kemiri ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk perawatan rambut, salah satunya adalah minyak kemiri itu sendiri.

Jika bicara tentang minyak kemiri, tentu saja tidak akan ada habisnya, hal tersebut karena sekarang ini terdapat banyak sekali muncul banyak sekali produk dan juga merk dari minyak kemiri.

Hal tersebut karena manfaat yang bisa didapatkan dari minyak kemiri terbilang sangat banyak, terlebih lagi untuk perawatan rontok. Mulai dari membantu untuk mempercepat pertumbuhan, menyuburkan sampai dengan merawat rambut yang rontok sampai dengan ketombe.

minyak kemiri penumbuh rambutMinyak kemiri sendiri memiliki beberapa kandungan seperti gliserda, kemudian palmitat yang merupakan jenis asam lemak jenuh yang mana dihasilkan dari minyak nabati, linoleat, kandungan ini memang tidak bisa diproduksi tubuh manusia.

Sehingga memang untuk mendapatkan kandungan ini harus dari minyak kemiri tersebut, miristat, stearat, protein yang tentu saja membantu untuk memenuhi kebutuhan akan protein dalam rambut, zat lemak, asam minyak yang nantinya bisa membantu untuk melembutkan rambut yang kering dan juga rusak, dan juga vitamin B1 yang mana nantinya akan membantu untuk memperkuat akar rambut dan juga menjaga kesehatan dari sitem saraf yang ada pada sekitar rambut.

Untuk cara penggunaan dari minyak kemiri sendiri pada dasarnya sangat mudah karena hanya tinggal mengoleskan minyak kemiri tersebut pada rambut Anda, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam, penggunaannya sendiri seperti masker, sembari menunggu, maka Anda bisa memijat kulit kepala Anda agar nantinya minyak kemiri tersebut dapat meresap dengan baik.

Selain itu Anda bisa mengoleskan minyak kemiri tersebut pada malam hari menjelang tidur, kemudian bersihkan pada pagi harinya.

Yang terpenting dalam penggunaan minyak kemiri ini sendiri adalah setelah menggunakan minyak kemiri tersebut, maka Anda perlu membilasnya menggunakan shampoo.

Selain informasi mengenai kandungan dari minyak kemiri, beberapa informasi mengenai beberapa manfaat dari minyak kemiri juga sangat penting untuk Anda ketahui, adapun beberapa manfaat dari minyak kemiri adalah sebagai berikut:

1.Yang pertama adalah membantu untuk menumbuhkan rambut

Minyak kemiri sendiri memang sudah sejak dulu dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut secara efektif.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka Anda bisa menggunakan minyak kemiri tersebut secara rutin dan teratur.

2. Kemudian yang kedua adalah membantu untuk menyuburkan rambut.

baik itu pada bayi, anak – anak sampai dengan orang dewasa.

Banyak orang tua yang menggunakan minyak kemiri ini untuk digunakan pada rambut agar rambutnya ataupun rambut bayi menjadi lebih lebat, hitam dan sehat.

3. Lalu yang ketiga adalah membantu untuk mencegah rambut rontok.

Minyak kemiri ini nantinya akan membantu untuk menyuburkan akar rambut yang sudah mati, kemudian juga memperkuat akar – akar rambut yang masih hidup, sehingga nantinya kerontokan rambut akan dapat dicegah secara maksimal.

4. Selanjutnya adalah membantu untuk mencegah ketombe

Masalah ini memang menjadi masalah klasik yang mana ditimbulkan oleh jamur yang ada pada kulit kepala. Kondisi tersebut tentu saja sangat mengganggu aktivitas karena terasa gatal dan juga muncul ketombe tersebut.

Kandungan yang terdapat pada minyak kemiri tersebut nantinya akan membantu untuk mencegah timbulnya jamur pada kulit kepala.

Dan untuk caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri tersebut secara rutin pada kepala.

Cara Membedakan Minyak Kemiri Asli Dan Palsu

Jika Anda ingin menggunakan minyak kemiri, maka Anda perlu memastikan jika minyak kemiri tersebut asli karena dengan minyak kemiri yang asli tentu saja nantinya akan memberikan manfaat yang lebih maksimal dalam perawatan rambut Anda.

Memang terdapat beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan di dalam memastikan minyak kemiri tersebut asli atau palsu, dan berikut ini adalah beberapa ciri dari minyak kemiri yang asli:

  • Yang pertama adalah jika dilihat dari produknya, maka selalu terdapat suatu tulisan dari Departemen Kesehatan seperti PIRT yang terdapat di bagian bawah label, lebih tepatnya pada belakang tutup botol. Sedangkan untuk minyak kemiri yang palsu biasanya tidak terdapat tulisan ataupun izin dari Departemen Kesehatan PIRT di bagian bawah label pada belakang botol.
  • Kemudian jika dilihat dari kemasannya, maka tutup yang terdapat pada kemasan masih menggunakan segel dengan rapi. Jika memang pada tutup botol dalam kemasan produk minyak kemiri tersebut tidak rapi atau bahkan sudah terbuka maupun rusak, maka sudah bisa dipastikan jika minyak kemiri tersebut tidak berkualitas ataupun palsu.
  • Lalu yang ketiga adalah Anda bisa mencoba untuk memanaskan minyak kemiri yang Anda beli, jika memang minyak kemiri tersebut asli, maka saat dipanaskan nantinya akan mudah berasap, dan untuk asapnya sendiri akan membuat mata Anda menjadi pedih. Namun jika minyak kemiri tersebut saat dipanaskan tidak langsung menimbulkan asap atau bahkan tidak pedih di mata, maka sudah bisa dipastikan jika minyak kemiri tersebut palsu.
  • Selanjutnya adalah Anda bisa melihat minyak kemiri tersebut, pada minyak kemiri yang asli, maka tidak terdapat ampas di dalamnya. Jadi jika Anda melihat terdapat ampas di dalam minyak kemiri tersebut, sudah bisa dipastikan jika minyak kemiri tersebut palsu.
  • Kemudian untuk warna dari minyak kemiri asli sendiri cenderung berwarna kuning namun bening, dengan demikian jika warna dari minyak kemiri tersebut tidak kuning dan keruh, maka tentu saja minyak kemiri tersebut palsu.Warnanya sendiri memang mirip dengan warna biji kemiri sebelum akhirnya diolah dan juga dijadikan sebagai minyak.
  • Lalu minyak kemiri yang asli biasanya juga dibungkus menggunakan tutup dengan warna hijau tua. Meskipun warna tutup botol sendiri tergantung dari masing – masing produsen, tetapi sebagian besar memang menggunakan warna hijau tua untuk tutup botolnya. Meskipun demikian Anda bisa melihat keaslian dari minyak kemiri tersebut dari beberapa hal di atas.
  • Ciri minyak kemiri asli yang selanjutnya adalah memiliki aroma yang khas, minyak kemiri yang asli tentu saja mempunyai aroma yang mana mirip atau bahkan sama dengan biji kemiri pada saat sebelum diolah menjadi minyak. Jadi jika memang minyak kemiri terseut tidak memiliki aroma kemiri atau bahkan justru wangi, maka sudah bisa dipastikan jika minyak kemiri tersebut palsu dan tidak murni.
  • Lalu jika dilihat dari harga, harga dari produk minyak kemiri yang asli memang biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan minyak kemiri campuran. Hal tersebut karena manfaat dari minyak kemiri asli sangat banyak dan juga efektif, terlebih lagi untuk rambut. Jika Anda mendapatkan tawaran produk minyak kemiri dengan harga yang murah, maka Anda justru harus mewaspadainya karena untuk proses pembuatan minyak memiri membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga tidak mungkin jika harganya sangat murah.
  • Ciri minyak kemiri asli selanjutnya adalah jika Anda melihat pada bagian kemasannya, maka akan terdapat expired date dalam kemasan tersebut.
  • Selain itu pada bagian kemasan tentu saja terdapat berbagai macam informasi mengenai komposisi, kemudian kandungan dan yang lainnya. Karena produsen minyak kemiri asli tentu saja akan memberikan informasi yang lengkap dan jelas agar konsumen dapat mempercayakan pilihan minyak kemiri.

Cara Mengolah Minyak Kemiri Mentah

Manfaat dari minyak kemiri memang terbilang banyak terlebih lagi jika digunakan untuk menumbuhkan dan menyuburkan rambut.

Namun kemiri agar bisa dijadikan sebagai minyak kemiri tentu saja membutuhkan sebuah proses, dan cara untuk mengolah kemiri untuk bisa menjadi minyak kemiri sendiri bisa dilakukan dengan 3 cara, dan berikut ini adalah cara pengolahannya:

1.Untuk cara pengolahan minyak kemiri yang pertama adalah dengan cara dibakar

Untuk membuat sebuah minyak kemiri dengan menggunakan cara dibakar pada dasarnya cukup sederhana, karena Anda hanya tinggal mengambil biji kemiri secukupnya, kemudian kemiri tersebut bisa Anda bakar sampai nantinya terlihat kehitaman, namun usahakan untuk jangan sampai terlalu gosong, hal tersebut bertujuan agar nantinya kadar minyak yang ada pada kemiri tersebut tidak habis sehingga akan memberikan manfaat yang maksimal.

Setelah itu Anda bisa memblender semua kemiri yang sudah dibakar tersebut sampai halus dan juga menghasilkan minyak.

Dan minyak tersebut yang dapat Anda gunakan sebagai ramuan untuk menumbuhkan dan juga menyuburkan rambut Anda.

Namun jika memang Anda belum memiliki blender, maka Anda juga bisa menggunakan alat lain yang dapat digunakan untuk menghancurkan kemiri yang sudah dibakar tersebut sampai halus.

2. Kemudian yang kedua adalah pengolahan minyak kemiri dengan menggunakan cara diperas.

Untuk bisa membuat minyak kemiri menggunakan cara ini sendiri merupakan suatu cara yang dapat dibilang paling mudah, hal tersebut karena nantinya Anda hanya perlu mempersiapkan biji kemiri secukupnya, kemudian Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender.

Kemudian tambahkanlah air lalu peras kemiri yang sudah diblender tersebut kemudian simpan air yang merupakan hasil dari perasan tersebut selama 1 sampai dengan 2 hari untuk langkah fermentasi. Lalu Anda bisa menggoreng perasan dari minyak kemiri yang sudah disimpan tersebut sampai nantinya mengeluarkan minya. Dan minyak tersebut yang nantinya bisa Anda ambil untuk dijadikan sebagai ramuan untuk rambut Anda.

3. Dan yang terakhir adalah cara mengolah minyak kemiri dengan disangrai atau digoreng namun tidak menggunakan minyak.

Untuk bisa membuat minyak kemiri dengan cara ini memang cukup mudah, tetapi Anda juga harus sedikit bersabar. Hal tersebut karena proses untuk menyangrai kemiri tersebut agak lama.

Dan untuk membuatnya maka Anda bisa menyediakan biji kemiri secukupnya, kemudian Anda bisa menyangrai kemiri tersebut sampai matang, namun juga jangan sampai kemiri tersebut gosong.

Setelah itu Anda bisa memblender ataupun menumbuknya sampai halus. Kemudian tambahkan dengan sedikit air dan peras sampai nantinya menghasilkan minyak. Dan hasil minyak terseut yang nantinya bisa Anda gunakan untuk perawatan rambut Anda agar nantinya rambut dapat terawat dan juga sehat.

Cara Membuat Minyak Kemiri Asli

Bicara tentang cara pengolahan minyak kemiri yang terbilang cukup sederhana, maka Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat minyak kemiri sendiri juga terbilang sederhana, cara membuatnya sendiri menggunakan cara tradisional.

Sebelum membuat minyak kemiri tersebut, tentu saja Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, adapun beberapa di antaranya adalah biji kemiri sesuai dengan kebutuhan dan juga air putih. Setelah semua bahan tersebut siap, maka Anda juga siap untuk membuatnya, dan berikut ini adalah beberapa langkahnya:

Cuci Kemiri

Untuk langkah yang pertama adalah Anda bisa mencuci biji kemiri yang sudah dipersiapkan, kemudian haluskan tetapi usahakan untuk tidak terlalu halus.

Anda bisa menghaluskan biji kemiri tersebut menggunakan dua cara yaitu dengan cara ditumbuk secara langsung dan juga menggunakan blender.

Jika memang Anda menumbuknya dengan cara langsung, maka Anda bisa menumbuk sampai agak halus agar nantinya lebih mudah untuk disaring.

Dan jika Anda menghaluskan kemiri tersebut dengan menggunakan blender, maka Anda bisa mencampurkan biji kemiri tersebut dengan menggunakan air secukupnya, setelah itu blender. Namun yang perlu diingat adalah usahakan di dalam memblender biji kemiri tersebut tidak terlalu halus seperti cairan. Namun Anda hanya perlu memblendernya sampai teksturnya kasar.

Saring

Kemudian langkah yang kedua adalah setelah nantinya Anda bisa mendapatkan hasil dari penghalusan biji kemiri tersebut dari hasil blender atau tumbukan, maka Anda bisa menyaringnya.

Untuk caranya sendiri adalah mencampurkan kemiri yang sudah halus tersebut dengan menggunakan air secukupnya, setelah itu peras sampai nantinya keluar santan atau sarinya.Proses dari pemerasan tersebut juga sama dengan pada saat Anda memeras santan kelapa.

Jika Anda menumbuk ataupun memblendernya terlalu halus, maka nantinya Anda bisa melakukan proses pemerasan menggunakan kain yang bersih.

Dan setelah diperas, maka Anda bisa menyaring santan tersebut agar nantinya tidak tercampur dengan santannya pada saat dididihkan pada proses yang selanjutnya.

Masak

Untuk langkah selanjutnya adalah jika Anda sudah mendapatkan hasil dari santan kemiri yang bersih, maka Anda bisa memasaknya. Anda bisa memasukkan santan kemiri tersebut dalam wajan kemudian biarkan saja sampai nantinya mendidih.

Dan selama proses tersebut, maka Anda perlu mengaduk – aduk santan kemiri tersebut agar natinya proses dari penguapannya bisa berjalan dengan sempurna.Untuk proses dari penguapan tersebut memang akan membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama, dengan demikian Anda memang harus cukup bersabar dalam menunggu proses tersebut.

Sembari menunggu, Anda juga perlu selalu mengaduk santan kemiri tersebut sampai air yang ada di dalamnya menguap dan hanya menyisakan minyaknya saja.

Minyak kemiri yang mana sudah jadi, maka biasanya akan tampak dari kerak minyak yang memiliki warna cokelat pekat.

Diamkan Sampai Dingin

Jika minyak tersebut sudah jadi, maka Anda bisa mendiamkannya sampai dingin, kemudian ambil kerak tersebut lalu peras minyak kemiri menggunakan kain sampai menjadi kering.

Setelah itu masukkan minyak kemiri yang merupakan hasil dari perasan terebut ke dalam sebuah botol agar nantinya lebih mudah untuk digunakan dalam sehari – hari.

Selain itu Anda juga bisa membuat minyak kemiri ala Hawaii yang mana dirasa lebih mudah dan juga praktis. Untuk bahan yang dibutuhkan juga sama yaitu biji kemiri secukupnya dan juga air putih.

Untuk langkah pembuatannya sendiri adalah Anda bisa menyangrai atau memanggang biji kemiri tersebut ke dalam oven sampai matang dan dinginkan.

Kemudian jika sudah dingin, maka Anda bisa menumbuk atau memblender biji kemiri tersebut sampai halus. Dan jika sudah halus, maka Anda bisa mencapurkannya dengan menggunakan air, setelah itu peras dengan menggunakan kain sampai minyak yang terdapat pada kemiri tersebut keluar.

Setelah itu Anda bisa menyaring hasil dari perasan kemiri tersebut, dan agar hasilnya lebih bersih, maka Anda bisa memasukkan minyak tersebut ke dalam botol.

Beli Minyak Kemiri Di Mana?

beli minyak kemiri di AlfamartMembuat minyak kemiri sendiri memang akan memberikan kualitas yang lebih karena hasilnya sudah pasti tidak dicampurkan dengan berbagai bahan lain. Dengan demikian akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua oramg mempuyai banyak waktu untuk membuat minyak kemiri sendiri, oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih untuk membeli produk minyak kemiri, hal tersebut karena dirasa lebih praktis dan mudah, namun juga terdapat suatu masalah dalam membeli produk kemiri, karena untuk membeli minyak kemiri sendiri di mana, apakah ada di apotek, Indomaret ataupun Alfamart?

Pada dasarnya minyak kemiri memang dijual di berbagai daerah, begitupula di apotek. Minyak kemiri juga dijual di apotek, namun memang tidak semua apotek menjual minyak kemiri murni, sedangkan untuk Indomaret dan Alfamart juga jarang menyediakan minyak kemiri murni.

Minyak kemiri yang dijual di Indomaret ataupun Alfamart sendiri juga bukan minyak kemiri murni, contohnya saja seperti produk perlengkapan bayi yang mengandung minyak kemiri seperti Cussons hair lotion ataupun Zwitsal hair lotion.

Biasanya untuk harga minyak kemiri di Indomaret dan Alfamart pada produk hair lotion dalam perlengkapan bayi tersebut kurang dari 50 ribu, namun juga tergantung dari ukurannya.

Jadi jika memang Anda menginginkan produk minyak kemiri yang asli dan murni, maka bisa membelinya secara online karena sebagian besar produk minyak kemiri asli serta murni dijual di berbagai situs online.

Untuk harganya sendiri juga bervariasi, namun masih bisa dibilang terjangkau sehingga Anda tetap bisa memiliki tampilan rambut yang indah dan terawat.

Namun jika Anda memutuskan untuk membeli minyak kemiri murni dengan cara online, maka Anda juga perlu memastikan jika online shop tersebut terpercaya dan memberikan kualitas yang baik. Dengan demikian produk minyak kemiri yang Anda dapatkan murni, asli dan tentu saja memberikan manfaat yang maksimal.

Jadi pada intinya adalah minyak kemiri ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk rambut, baik itu untuk bayi, anak – anak ataupun orang dewasa.

Untuk membuat minyak kemiri sendiri juga terbilang sederhana, namun memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun untuk Anda yang tifak memiliki banyak waktu, maka Anda bisa membeli produk minyak kemiri, dengan demikian tetap bisa mendapatkan manfaat dari minyak kemiri tersebut.

Dan untuk membeli minyak kemiri, maka Anda bisa membelinya secara online karena memang minyak kemiri asli dan murni dipasarkan secara online.

Anda juga tetap perlu waspada dan memastikan minyak kemiri tersebut asli, dengan demikian bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.